Gunakan Transportasi Umum, Siswa-Siswi SD Pembangunan Jaya Kunjungi Gedung KPU

Tangerang Selatan – Mungkin sudah terlalu sering kita mendengar kegiatan kunjungan yang dilakukan sekolah-sekeolah ke instansi kelembagaan pemerintah maupun situ-situs bersejarah yang ada disekitarnya. Umumnya mereka hadir menggunakan kendaraan atau transportasi yang sudah disediakan oleh pihak sekolah atau bersifat pribadi. Tapi kali ini tidak dengan SD Pembangunan Jaya yang memilih menggunakan transportasi umum untuk melakukan kunjungan ke Gedung KPU Kota Tangerang Selatan, Rabu (12/02/2019).

Pihak sekolah beranggapan bahwa dengan menggunakan transportasi umum siswa-siswi akan lebih memahami wawasan umum khususnya tentang transportasi yang ada di Indonesia. Hal ini pun diutarakan secara langsung oleh Taufik yang merupakan Leader Kurikulum SD Pembangunan Jaya yang turut serta mendampingi proses kegiatan kunjungan selama berlangsung.

“Kita ingin menanamkan ke anak-anak bahwa belajar tidak hanya di dalam kelas melainkan banyak hal yang bisa dipelajari diluar kelas. Sengaja kita gunakan transportasi umum agar anak-anak nisa kenal dan paham ada transportasi apa saja di Indonesia” uajarnya.

Selain belajar tentang seputar transportasi umum mereka sengaja dirahkan ke Gedung KPU Kota Tangerang Selatan bertujuan agar mereka juga mengenal instansi lembaga kepemerintahan sekitar. Terlebih di Gedung KPU Kota Tangerang Selatan juga terdapat Rumah Pintar Pemilu yang menjadi wadah belajar seputar kepemiluan di Indonesia.

“Kenapa kita ke KPU pertama, agar anak-anak tau ada banyak instansi kepemerintahan yang ada di Indonesia. Jadi mereka tidak hanya mengenal prosesi Polisi, TNI, Dokter, Bidan melainkan juga banyak hal. Kedua, mereka bisa terjun langsung belajar sistem kepemiluan dengan harapan ada nilai yang bisa mereka bawa pulang nantinya salah satunya nilai cinta tanah air, jujur dan bertanggung jawab” pungkas taufiq saat ditemui di Gedung KPU Kota Tangerang Selatan.

Ade Wahyu Hidayat selaku Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi masyarakat turut menyambut hangat dan mengapresiasi kedatangan siswa-siswi SD Pembangunan Jaya di Gedung KPU Kota Tangerang Selatan. Ade berpendapat bahwa pentingnya kita menanamkan nilai-nilai demokrasi sejak dini salah satunya melalui agenda kunjungan ke Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kota Tangerang Selatan.

“Hadirnya siswa-siswi ini di Gedung KPU sebagai langkah awal menanamkan nilai-nilai demokrasi sejak dini. Terlebih juga mereka bisa merasakan dan melakukan simulasi pelaksanaan pemilihan umum, jadi mereka juga terlibat langsung dalam prakteknya” jelas Ade.

Selain itu Ade juga berharap dari kegiatan ini bisa menjadi ajang untuk menguatkan wawasan kebangsaan. Tidak hanya sebatas belajar didalam kelas melainkan diluar kelas pun mereka bisa belajar dan praktek secara langsung bagaimana proses pemilihan umum di Indonesia.

“Dari simulasi praktek pemilihan yang mereka lakukan mudah-mudahan bisa jadi ajang pembelajaran tambahan mereka seputar kebangsaan, khususnya yang berkaitan dengan demokrasi dan pemilihan umum” tutup Ade. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *