GELAR SOSIALISASI GOES TO CAMPUS: KPU TANGERANG SELATAN AJAK MAHASISWA UIN JAKARTA TINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH

Ciputat – KPU Kota Tangerang Selatan adakan sosialisasi goes to campus, Jumat (10/01) pagi. Sosialisasi dilakukan bekerjasama dengan Bidang Kerja Sama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Selama berlangsungnya sosialisasi dengan segmen pemilih muda (mahasiswa) tersebut, dihadiri oleh tiga orang narasumber yang kompeten dalam bidang kepemiluan. Ketiganya, Mujahid Zein selaku Komisioner KPU Kota Tangerang Selatan, Iman Perwira Bachsan Ketua Komisioner KPU Kota Tangerang Selatan 2010-2014 dan Iding Rosyidin Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta.

Sosialiasasi ini dilakukan bertempat di Gedung Diorama UIN Jakarta. Kegiatan ini ditujukan untuk segmen pemuda (mahasiswa). Dengan tujuan mampu meningkatkan partisipasi pemilih muda di pilkada mendatang. Selain dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih, juga dalam rangka untuk memaparkan seluruh tahapan Pilkada Kota Tangerang Selatan yang sudah dan akan dilaksanakan.

“Sosialisasi terhadap segmen muda saya rasa perlu digiatkan mengingat jumlah pemilih pemula yang cukup besar. Kita perlu perhatikan dan pertimbangkan, terlebih mereka harus dipenuhi wawasan literasi karna tergolong masih baru” Jelas Zein dalam pemaparan materinya.

“Dengan sosialisasi di kalangan kampus yang memiliki iklim ilmiah, tentunya kami berharap ada timbal balik dalam tingkat partisipasi pemilih dalam Pilkada Kota Tangerang Selatan,” imbuh Zein.

Iding Rosyidin juga ikut membenarkan langkah yang sedang dijalankan KPU Kota Tangerang Selatan, pihaknya juga memberi pengertian yang untuh tentang kepemiluan. Tentu, dengan harapan kalangan mahasiswa tidak lagi menjadi Golput di Pilkada mendatang. Sebaliknya, mahasiswa harus ikut dan berperan aktif dalam menentukan pilihannya untuk kebaikan Kota Tangerang Selatan ke depan.

“Mahasiswa jangan sampai Golput, sudah bukan zamannya dan juga bukan bagian dari solusi. Gunakan hak pilih kalian semua dan juga jangan sampai money politic,” terangnya.

Mantan Ketua Komisioner KPU Kota Tangerang Selatan, Iman Perwira Bachsan menambahkan tidak hanya konsisten dalam tolak politik uang dalam Pilkada Kota Tangerang Selatan. Kalangan mahasiswa sebagai pemilih muda, juga harus ikut serta mengawasi jalannya seluruh tahapan Pilkada Kota Tangerang Selatan. Terlebih dalam segala bentuk pelanggaran, bisa dilaporkan ke Bawaslu atau Panwascam yang ada di Kota Tangerang Selatan.

“Jumlah Bawaslu dan Paswacam itu sedikit, butuh peran aktif masyarakat termasuk mahasiswa dalam mengawasi segala bentuk pelanggaran dalam Pilkada,” terangnya.

Dia juga meminta agar dalam memilih dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota nanti juga harus paham rekam jejak dari kedua pasangan calon. Bila itu yang dilakukan, tentu merupakan kategori pemilih cerdas.

“Setidaknya mengetahui visi dan misi pasangan calon yang akan dipilih. Itu bedanya mahasiswa dengan pemilih yang lain,” pungkasnya.

Acara ini berlangsung begitu khidmat dan penuh antusiasme peserta yang hadir. Dengan acara makan bersama kegiatan ini ditutup tepat satu jam sebelum pelaksanaan ibadah Solat Jumat.

https://www.youtube.com/watch?v=T_bHd1v1Ahg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *