ASN Dalam Pusaran Pilkada

Oleh : M. Taufiq MZ

KONSTESTASI Pemilihan Kepala daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada), adalah Bagian Dari Pengejawantahan demokrasi. Kepala Daerah adalah jabatan politik atau disebut juga pejabat publik dalam ilmu administrasi yang bertugas memimpin dan menggerakkan lajunya roda pemerintahan. Kepala daerah menjalankan fungsi pengambilan keputusan langsung terkait dengan kepentingan rakyat, berdampak kepada rakyat dan dirasakan. Oleh karena itu Kepala Daerah layaknya dipilih langsung oleh rakyat.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015: Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota yang selanjutnya disebut Pemilihan adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat wilayah Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota secara langsung dan demokratis.

Seiring perkembangan, penentuan siapa yang akan menduduki pejabat pemerintahan dalam hal ini kepala daerah, setiap Negara dipengaruhi oleh system politik yang dianut, system Pemilu, kondisi social masyarakat, pola pemilihan, prosedur-prosedur dan mekanisme politik.

Sumber : Banten Ekspres | Rabu, 8 Januari 2020 | Halaman 16

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *