Antisipasi Persoalan Kepemiluan, KPU Tangsel Adakan Bridge Workshop

 

*Antisipasi Persoalan Kepemiluan, KPU Tangsel Adakan Bridge Workshop*

Tangerang Selatan – Menghadapi pemilihan kepala daerah Kota Tangerang Selatan 2020, Komisi Pemilihan Umum Kota Tangerang Selatan mulai mempersiapkan diri. Sebagai bentuk peningkatan kapasitas sumber daya penyelenggara pemilu, seluruh jajaran KPU Kota Tangerang Selatan adakan Bridge Workshop (building resources in democracy, goverment and election).

Kegiatan berlangsung selama dua hari bertempat di Mercure Hotel Alam Sutra, Tangerang Selatan (19-21/12/2019). Turut hadir Wahyul Furqon (Ketua KPU Provinsi Banten) dan juga Ilham Saputra (KPU RI) sekaligus membuka acara bridge workshop.

Sebelum membuka acara, dalam sambutannya Ilham mengingatkan urgensi penerapan metode Bridge dalam proses penyelenggaraan pemilu. “Metode ini dirasa penting dikarnakan adanya penyederhanaan pemahaman dari sekian banyak regulasi dan ketentuan tentang kepemiluan” tegasnya.

Selama berjalannya kegiatan, keberlangsungan workshop dikelola sepenuhnya oleh fasilitator yang berpengalaman didalam persoalan kepemiluan. Jumlah fasilitator yang di kerahkan berjumlah 3 orang, diantaranya Endang Sulastri (Wakil Rektor UMJ/Komisioner KPU RI Periode 2007-2012), Fery Rizki Kurnia (Komisioner KPU RI periode 2012-2017), Dahlia Umar (Komisioner KPU DKI Jakarta Periode 2012-2017).

Fery Kurnia yang merupakan salah satu fasilitator ikut serta menegaskan keuntungan pembelajaran metode Bridge. “Untuk mengembangkan kapasitas kelembagaan dan kapasitas diri penyelenggara pemilu, perlu ada penyederhanaan metode agar bisa efektif. Disitulah metode bridge diperlukan” ungkap Fery.

Sejumlah peserta pelatihan pun tampak begitu antusias dan turut mengapresiasi. Mujahid Zein yang juga hadir sebagai peserta ikut berkomentar. “Bridge ini merupakan metode yang harus dilalui sebelum memasuki proses pemilu lebih dalam. Dengan demikian kita akan paham dan sanggup menghadapi proses penyelenggaraan pemilu kedepan. Ditambah ketika menghadapi berbagai permasalahan dan persoalan yang dihadapi” pungkasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *