Perkuat Barisan, Biro SDM KPU Gelar Rapat Internalisasi Budaya Kerja

Jakarta, kpu.go.id – Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Rapat Internalisasi Budaya Kerja di Hotel Hermitage, Jakarta, Kamis (10/1/2019)
 
Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Ketua KPU Arief Budiman tersebut bertujuan untuk meningkatkan soliditas dan etos kerja pegawai serta mengevaluasi hasil kerja dilingkungan Biro SDM KPU selama 2018. 
 
“Melalui internalisasi kerja kita bangun kultur disebuah lembaga. Karena perilaku anda akan menjadi cerminan bagi teman-teman di provinsi dan kabupaten/kota,” kata Arief yang hadir didampingi Anggota Evi Novida Ginting Manik, Hasyim Asy’ari, Ilham Saputra, Pramono Ubaid Tanthowi, Sekjen Arif Rahman Hakim serta Kepala Biro SDM Lucky Firnandy Majanto dan Wakil Kepala Biro SDM Wahyu Yudi Wijayanti. 
 
Arief dalam kesempatan itu juga berpesan agar melalui kegiatan ini terbangun pola disiplin, koneksi kerjasama antar biro yang lebih baik serta budaya kerja transparan, profesional dan integritas. “Dan anda (Biro SDM) akan menjadi contoh,” tambah Arief.  
 
Hal yang hampir sama disampaikan Evi Novida Ginting Manik yang menganggap internalisasi budaya sangat penting bagi biro-biro di lingkungan KPU, terlebih SDM yang mengurusi kepegawaian. “Kekuatan itu bermula dari SDM yang ada,” tutur Evi.
 
Sementara itu Hasyim Asy’ari dalam pesannya meminta Biro SDM memerhatikan tiga hal dari kegiatan internalisasi budaya, mampu membangkitkan semangat orang untuk menggerakkan organisasi, menghadirkan SOP dalam konteks tata kelola birokrasi serta manajemen risiko agar dicermati oleh masing-masing biro. “Pekerjaan kalau tidak dikontrol sesama teman, pimpinan, anak buah, staf dan seterusnya bisa keteteran. Oleh karena itu fungsi pimpinan siapa yang mengontrol, mamanage, pelaksana, harus betul-betul dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab,” kata Hasyim. 
 
Sebelumnya singkat, Lucky Firnandy Majanto mengatakan bahwa tujuan lainnya dari kegiatan internalisasi budaya kerja menyiapkan diri menghadapi kerja-kerja di 2019. Ditahun ini biro yang dipimpinnya tersebut memang berkewajiban untuk mempersiapkan proses seleksi anggota KPU provinsi, kabupaten/kota, melakukan penataan jumlah pegawai, tata laksana, diklat serta kegiatan-kegiatan lain yang ada dilingkungan SDM KPU. (hupmas kpu ri ieam/foto: ieam/ed diR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *