Pendaftaran Calon Anggota KPU Tangsel Diperpanjang

Serang – Panitia seleksi memutuskan memperpanjang masa pendaftaran bagi calon anggota KPU Kota Tangerang Selatan selama satu minggu terhitung 13 hingga 20 Maret.

Ketua Pansel Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota suwaib Amiruddin menjelaskan, keputusan tersebut diambil lantaran Tangsel belum memenuhi kuota sesuai yang diterapkan.

“Hingga batas akhir pendaftaran Senin (12/3), dari Kota Tangsel yang daftar sebanyak 25 orang sementara targetnya 40 orang. Setelah konsultasi dengan KPU RI, kami diperbolehkan untuk memperpanjang masa pendaftaran,” jelas Suwaib.

Berdasarkan aturan, kata Suwaib, jumlah minimal yang mengikuti seleksi yakni 30 orang. Perpanjangan waktu ini, akan dimanfaatkan pihaknya untuk melakukan upaya agar kuota tersebut bisa dipenuhi.

Terkait banyaknya peserta yang mendaftar di hari terakhir melebihi batas waktu yang ditentukan, Suwaib menjelaskan, tetap diterima karena pihaknya mengutamakan asas kemanusiaan. “Ada beberapa wilayah yang memberlakukan hal itu juga. Karena kan banyak faktor yang menyebabkan dia terlambat. Sama iya ditolak jika yang bersangkutan sudah datang ke sekretariat,” tuturnya.

Sekretaris Pansel Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota Maman Suherman mengatakan, perpanjangan waktu tidak akan mempengaruhi proses verifikasi administrasi. Sebab, proses tersebut bisa dilakukan setelah pendaftaran menyerahkan berkas.

“Hanya Tangsel yang diperpanjang, karena tiga daerah lainnya sudah memenuhi kuota. Yakni, Cilegon 23 orang, Kabupaten Pandeglang 72 orang, Kabupaten Tangerang sebanyak 53 orang,” jelas Maman.

Dikatakan Maman, mengacu pada tahapan seleksi yang telas disusun timsel, setelah pendaftaran ini, hingga 20 April timsel akan meminta tanggapan masyarakat. Seiring dengan proses tersebut, timsel pun akan melakukan tahapan lain seperti penelitian administrasi peserta pada  5 hingga 15 Maret, rapat penetapan calon anggota yang lolos tahap administrasi pada 16 Maret dan mengumumkan peserta yang lolos tersebut pada 19 hingga 21 Maret.

Peserta yang lolos tahap administrasi akan mengikuti tes tulis pada 26 Maret. Pada hari itu juga akan diumumkan hasil tes tersebut. ” 27 Maret hingga 29 Maret akan dilakukan tes psikologi, hasilnya akan diumumkan pada tanggal 3 hingga 5 April. Setelah itu, pada tanggal 6 nya hingga tangga 12, peserta akan menjalani tes kesehatan,” paparnya.

Berselang empat hari, peserta akan mengikuti tes wawancara hingga 19 April, dan hasil tes tersebut beserta tes kesehatan akan diumumkan pada tangga 21 April hingga 25 April. “Pada tangga 2 hingga 28 April timsel akan melaporkan nama calon anggota KPU Kabupaten/Kota ke KPU RI,” tuturnya.(yul)

 

Sumber: Tangsel Pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *